Tanah Seribu Puisi, Turki | My First Time Travel Abroad

*disclaimer: Postingan ini repost di hiveblog

Halo semuanya...

Pertama, aku benar-benar bingung harus memposting ceritaku ini dari mana, tentang perasaanku saat bepergian ke luar negeri untuk kali pertama. Yup aku mau share tentang perasaanku, tidak semua tempat yang aku kunjungi disana.

Saya pikir komunitas ini adalah pilihan yang tepat untuk saya bagikan.

CERITA DI BALIK  TRIP DADAKAN INI

Saya bermimpi bepergian ke luar negeri bertahun-tahun yang lalu, namun Turki sama sekali bukan tujuan perjalanan impian saya. Tidak ada Turki dalam daftar keinginan saya. Dulu, jalan-jalan ke luar negeri hanya sekedar mimpi yang rasanya tidak bisa saya wujudkan. Saya tidak pernah berpikir bahwa saya harus mencapai mimpi itu sebelum saya mati. Saya hanya berkata dalam pikiran bahwa saya ingin pergi ke luar negeri pada musim dingin suatu hari nanti. Yup, saya sangat menyukai musim dingin. Semenjak adikku tinggal di Jepang beberapa tahun lalu, saya lebih menyukai salju walaupun salju itu sangat dingin dan bisa membuat mimisan. Sejujurnya, saya bahkan tidak bisa bertahan dalam suhu AC 13 derajat celcius di dalam kamar. Saya akan kedinginan dan perlu memakai jaket tebal di ruangan itu.

Sekitar bulan Agustus 2021, teman saya pergi ke luar negeri untuk tinggal di sana. Lalu aku tidak sengaja ingin mengunjunginya bersama temanku. Saya minta @titisnariyah ke sana, tapi keadaannya malah lain.

Kepala sekolah kami di sekolah menulis online meminta kami untuk bergabung di Turki pada bulan Februari tahun depan. Dengan harga yang murah dan bebas visa, kami akhirnya mengikuti perjalanan yang dipimpin oleh kepala sekolah kami, Mayoko Aiko. Kami mengambil keputusan pada bulan Desember, ketika kami pesimis untuk bepergian ke luar negeri. Bagi saya, untuk mengisi paspor saya, saya setuju untuk mengikuti perjalanan itu.

Sebetulnya saya membuat paspor sekitar tahun 2018, hingga paspor akan kadeluarsa saya tidak pernah bepergian. Paspor itu tadinya saya persiapkan untuk perjalanan ke Singapore, ketika boss saya berkata saya harus ke Singapore untuk hal pekerjaan. Dan akhirnya sayapun menggunakan paspor itu di tahun 2022.

Turki Gratiskan Visa Gratis untuk WNI

Per 24 Desember 2021, Pemerintah Turki memberikan Bebas Visa bagi WNI. Di sisi lain, saat itu Turki sedang sedikit populer di Indonesia karena serial Indonesia dibicarakan tentang Cappadokya karena pemandangan balon udaranya yang indah, sehingga banyak orang yang ingin ke cappadokya. Namun alasan kami mengunjungi Turki bukan karena itu. Itu murni tentang visa gratis dan kami perlu penyembuhan saat liburan jadi kami berhasil!

HARI - 1: 16 Jam Perjalanan

Ada jarak yang jauh antara Indonesia dan Turki. Ini sekitar 12 jam penerbangan tanpa transit. Namun dalam perjalanan kami akan transit di Dubai selama 3 jam kemudian dilanjutkan ke Istanbul. Jauh sebelum penerbangan, saya membayangkan, 16 jam dalam penerbangan, apakah saya bisa menikmatinya? Saya telah melakukan perjalanan ke Medan sekitar 2 jam 30 menit dan selalu membosankan dan saya akan merasakan jetlag setelahnya. Tapi saya tidak tahu kenapa perjalanan ke Turki tidak seburuk itu.

Anggota trip dikumpulkan di Bandara pada pukul 21.00 kemudian setelah semua administrasi kami take off pada pukul 00.15. kami terbang dengan Emirates Air, salah satu pesawat terbaik di dunia, hahaha menelepon saya.

Pertama, 7 jam dari Jakarta ke Dubai. Saya menikmati filmnya, saya menonton 1 film dan tidur nyenyak di penerbangan. Ketika saya bangun, itu untuk sarapan, atau makan malam, apa pun, lalu menonton setengah film lalu penerbangan kami mendarat.

Ketika kami tiba di Dubai, hari masih terlalu pagi. Kami harus menunggu sekitar 3 jam lalu melanjutkan perjalanan. Di Bandara Dubai, kami hanya duduk, berbaring di suatu tempat, lalu berangkat ke Istanbul. Bandara Dubai itu besar, membuat kakiku pegal, jadi aku memutuskan untuk berbaring di dekat gerbang.

Dalam penerbangan 7 jam, saya tidak lelah sama sekali, jadi dalam 4 jam itu seperti sekejap mata. Soalnya aku tidur 3 jam hahaha...

Hari - 2: Tiba di Istanbul dan Sekitar Bosporus Cruise

Setelah menyelesaikan semua administrasi di imigrasi, akhirnya kami sampai di Istanbul. Kami akan bepergian dengan bus. Di bus kami, kami mendapat kehormatan memiliki 1 orang di dua kursi.

Jadwal pertama kami adalah Selat Bosporus. Selat itulah yang menghubungkan Istanbul di Eropa dengan Istanbul di Asia. Yup, Istanbul berada di dua benua. Setengahnya di Eropa dan setengahnya lagi di Asia. Namun menurut saya Istanbul lebih dipengaruhi oleh benua Eropa dibandingkan Asia.

Selat Bosporus merupakan tempat yang strategis. Selain pelabuhan, ada terminal di sana yang ramai dikunjungi. Ini mengingatkan saya pada Terminal Kampung Rambutan. Namun bedanya, saya melihat banyak Zayn Malik dan Gigi Hadid di sana, yang mana masyarakat setempat sangat tampan dan cantik. Tolong jangan panggil aku lagi hahaha

Hari sudah gelap ketika kami menyelesaikan tujuan pertama kami. Lalu kami pergi ke pemukiman Ortakoy. Kemudian kami makan malam di Chinese Restaurant yang bernama The Wox.

Sekitar pukul 20.30 waktu setempat, kami sampai di hotel pertama kami untuk beristirahat sebelum besok kami harus menyelesaikan jadwal hari ke-2. Ada beberapa tempat yang harus kami kunjungi.

Hari - 3: Mengunjungi Beberapa Masjid dan Pemakaman di Bursa & Kusadasi

Di hari ke 3, tujuan kita lebih banyak dari hari kemarin. Panggilan pagi kami adalah pukul 06:00 waktu setempat. 1 jam untuk berdoa dan bersiap. Pukul 07.00 kita harus sarapan, selanjutnya kita berangkat ke tujuan pertama pada pukul 08.00 waktu setempat. Yang menarik pada hari itu adalah, kami melintasi jembatan Osmangazi, karena kami akan mengelilingi Turki di benua Asia.

Tujuan pertama kami adalah toko suvenir bernama Munira, pemandu wisata kami mengatakan bahwa setiap wisatawan akan berakhir di Munira untuk membeli oleh-oleh seperti Safron, Turkish Delight, suvenir, parfume, madu, dan lain-lain. Saya telah membeli beberapa Turkish Delight dan Safron seharga 400 gram . Saya membayar hampir USD 100. Itu adalah ekspansi pertama saya di sana.

Setelah itu kami pergi ke Bursa, dimana Masjid Agung, Masjid Makam Hijau berada. Dekat dari Green Tomb, ada kuburan. Saya tidak mengunjungi kuburan karena tidak akan melakukannya hehehe

After lunch, we were continued to Kusadasi. That was long journey cause we were arrivend in the night.

Hari - 4 : Kusadasi dan Pamukkale

Kami tiba di hotel pada larut malam jadi, setelah makan malam, kami harus istirahat karena panggilan pagi kami masih di waktu yang sama.

Setelah sarapan pagi dan check out hotel, kami akan mengunjungi kota tua Ephesus, Masjid Isa Bey dan Pabrik kulit. Di kulit pabrik, saya mengalami momen yang memalukan. Saat itu saya tertarik ingin memiliki produknya namun harganya sangat mahal. Saya minta diskon sampai USD 100 tapi kualitas tinggi tidak bisa dengan harga segitu. Harga terendahnya di USD 300, jadi yup, saya merasa malu karena membuat salesnya gagal menjual produk itu. Di grup kami, hanya satu orang yang membeli produk itu haha. Itu menyelamatkan saya (dan kami) dari rasa bersalah.

Setelah dari pabrik itu kami pergi makan siang di restoran kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pamukkale. Kunjungi kota tua Hierapolis dan Cotton Castle. Menuju hotel, check in dan makan malam di hotel. Bermalam di Pamukkale.

Hari 5: Pamukkale - Konya - Cappadocia

Setelah sarapan pagi dan check out hotel, kami diantar ke Cappadocia, singgah di kota Konya untuk makan. Sore harinya kami mengunjungi makam Mawlana Jalaluddin Rumi. Pemakaman di luar sangat indah, ada masjid di sana dan sedikit salju tebal. Aku hanya masuk ke dalam kuburan selama dua menit, lalu keluar lagi karena aku tidak tahan lagi berada di dalam kuburan.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Sultanhani Caravansarai. Kita mempunyai beberapa tempat pemberhentian lalu melanjutkan perjalanan lagi menuju Cappadocia. Itu adalah perjalanan yang panjang. Ketika kami tiba di Cappadocia, hari sudah sangat larut, jadi setelah makan malam, kami akan ke kamar untuk beristirahat.

Hari - 6 : Kapadokia

Cappadocia menjadi destinasi populer saat ini karena banyaknya serial yang populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan Cappadocia mempunyai balon udara. Bukan hanya satu balon, banyak sekali balon sehingga membuat pemandangan semakin indah dengan terbangnya balon udara.

Namun sayangnya, kami tidak bisa mendapatkan pengalaman tersebut karena saat itu cuaca sedang buruk. Pemerintah melarang balon udara terbang sehingga kita tidak pernah melihat pemandangan seindah itu.

Setelah dari Cappadocia kami menuju ke kota Kayseri

Kami mendapatkan pengalaman bersalju di gunung Erciyes termasuk dengan kereta gantung. Saat ini aku sangat bersemangat karena akhirnya aku bertemu salju. Sebenarnya dalam perjalanan kami menuju Cappadocia, saya bertemu salju, bahkan turun salju, namun karena kami berada di dalam bus dan tidak bisa berhenti, saya hanya melihat salju itu sepanjang perjalanan.

Setelah bermain salju di Gunung Erciyes, kami kembali ke kota Cappadocia untuk makan siang. Kemudian kami mengunjungi kota bawah tanah Ozkonak, Desa Tembikar Avanos Potter, Lembah Pigeon, Desa Kastil Uchisar dan pabrik karpet buatan tangan Turki.

Hari - 7: Ankara - Istanbul

Kami melakukan perjalanan panjang lagi ketika menuju ke Ankara dari Cappadocia. Kami punya waktu seharian penuh dalam perjalanan. Sebenarnya kami menuju ke Istanbul, namun dalam perjalanan kami singgah di beberapa tempat seperti Salt Lake, Ankara untuk mengunjungi pemakaman Ataturk (Anitkabir).

Kami tiba di Istanbul pada larut malam. Jadi kami terlalu lelah untuk melakukan apa pun lagi selain beristirahat.

Hari - 8: Istanbul

Kami kembali ke Istanbul. Di hari pertama, kami tidak mengunjungi banyak tempat, karena agen perjalanan sengaja mengajak kami mengunjungi Istanbul di hari terakhir. Kami memiliki 2 hari di Istanbul sebelum kembali ke rumah pada hari berikutnya.

Di Istanbul, kami mengunjungi Istana Topkapi, Masjid Biru, Hagia Shofia, dan Hippodrome. Kami sudah lama berada di tempat itu karena lokasinya sangat dekat.

Hari - 9: Tur Kota Istanbul - Bandara

Setelah sarapan & check out hotel. Kita akan mengunjungi makam dan masjid Ayub Al Ansary. Kemudian makan siang dan acara bebas berbelanja di Jalan Istiklal dan Taksim Square.

Tahukah Anda kalau di Taksim Square banyak sekali toko dengan harga murah. Saya sangat menyesal menghabiskan uang saya di tempat lain. Jika saya tahu berapa banyak barang bagus di tempat itu, saya pikir saya akan menghabiskan semua uang saya di saku di sana. Menariknya, harga Starbucks di sana terlalu murah dibandingkan harga di Indonesia.

Kami menuju ke Bandara hampir malam bahkan perjalanan belum dinikmati.

Berapa Banyak Hal Yang Saya Dapatkan Dari Perjalanan Ini

Kata orang, jika kamu bepergian ke banyak tempat, itu akan membuatmu menjadi lebih manusiawi karena kamu akan melihat betapa banyak perbedaan di dunia ini dan kamu akan beradaptasi maka kamu akan menjadi lebih bijaksana dari sebelumnya. Mungkin saat kamu bepergian jauh dari rumah atau negaramu, kamu mungkin akan dihadapkan pada shock culture, seperti makanan, bahasa, kebiasaan, dan lain-lain. Namun hal itu membuatmu berpikiran terbuka dan mudah menerima keberagaman.

Kejutan Budaya

Dalam perjalanan saya di Turki, saya telah menghadapi banyak budaya kejutan tetapi kebanyakan pada makanan itu. Makanan wajib di Turki adalah roti, sedangkan saya jarang makan roti. Rasa makanan mereka jelas-jelas berbeda karena mereka tidak pernah menerima pesan apa pun untuk makanannya hahaha. Ada beberapa makanan yang rasanya hambar atau hambar, ada juga makanan dan snack yang asam atau terlalu manis, dan ada lauk biasa yang ada Olive, yang buat saya rasanya jelas aneh, padahal buah itu banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, saya cuma makan itu sekali dan lewati itu di acara berikutnya.

Kejutan budaya saya di Turki adalah, mereka tidak bisa berbahasa Inggris tetapi mereka bisa berbahasa Indonesia. Kebanyakan penjual di sana menyediakan kursus bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan banyaknya orang Indonesia yang berkunjung ke sana.

Selain itu, saya menemukan lagi Zayn Malik dan Gigi Hadid di sana, maksud saya orang Turki sangat tampan dan cantik seperti Zayn Malik dan Gigi Hadid. Hehehehe

Bersamaan dengan The Great Peoples

Hal lain yang berharga dalam perjalanan ini adalah, anggotanya sangat hebat. Tahukah anda bahwa (tidak termasuk saya dan mba @titisnariyah ) adalah traveler berpengalaman. Mereka mengunjungi berapa banyak negara sebelum mengikuti perjalanan. Ada Trio Ibu yang rendah hati, berpengalaman, dan menyenangkan. Ada beberapa Profesor yang menyebut saya dan mba @titisnariyah sebagai wanita yang lebih muda dan mereka memotivasi kami untuk melakukan perjalanan lagi setelah Turki. Lalu ada pasangan lain dari Samarinda yang begitu rendah hati dan berpengalaman. Ada seorang wanita muda dan ibunya.

Semua orang sangat keren dan ramah. Itu salah satu yang saya syukuri dari perjalanan ini. Saya berharap di kesempatan lain, kita bisa jalan-jalan bersama.

Hal Yang Saya Benci Dalam Perjalanan Ini Adalah

Meskipun aku menyukai perjalanan ini, ada hal yang aku benci. Rasanya seperti mengunjungi kuburan yang jumlahnya banyak sekali, karena aku benar-benar tidak bisa tinggal di tempat itu. Selain itu, mengunjungi toko tersebut dengan harga yang mahal karena sebenarnya saya berkunjung bukan untuk berbelanja jadi saya pikir mengunjungi tempat tersebut hanya membuang-buang waktu. Namun alasan kami mengunjungi toko tersebut hanya karena pemerintah mendukung perjalanan kami (karena bebas visa) sehingga kami harus mengunjungi beberapa tempat sebagai hal yang wajib.

Selain itu, kita juga tidak punya waktu lama di tempat-tempat indah seperti Cappadocia, Gunung Erciyes, dan Masjid Biru. Karena itu indah, aku perlu lebih banyak waktu. Karena kami sesuai jadwal, kami harus disiplin

Sekian cerita perjalanan pertama saya ke luar negeri ini, semoga akan ada cerita lainnya.