Layanan Digitalisasi BRI untuk Masyarakat


Sudah Tahu, kan Apa Itu BRI?

BRI atau panjangnya Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu layanan perbankan yang ada di Indonesia. Sejak berdiri pada 16 Desember 1895 BRI telah menjangkau masyarakat dari seluruh kalangan, bahkan bisa dibilang BRI adalah satu-satunya Bank yang dekat dengan Rakyat karena jangkauannya dalam melayani nasabah lebih luas hingga ke daerah terpencil Indonesia.

Sebelum akhirnya dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat, BRI memiliki sejarah yang panjang. Pada awalnya, pendirinya yang bernama Raden Bei Aria Wirjaatmadja hanya membentuk sebuah sarana untuk mengelola dana mesjid ke masyarakat dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Memang sangat belanda sekali ya namanya, mengingat memang pada saat itu pemerintahan Indonesia sangat bergantung pada orang-orang Belanda.

Setelah menjadi satu-satunya pengelola keuangan, pemerintah Indonesia kemudian menetapkan De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden sebagai Bank Pertama Indonesia dan diganti menjadi Bank Rakyat Indonesia. Hingga kini, BRI menjadi salah satu Bank yang paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Saya bahkan masih ingat kapan pertama kali saya membuka rekening BRI pertama saya. Kala itu saya masih duduk di kelas 3 SD. Ditemani teman terbaik, saya memberanikan diri datang ke Bank BRI dengan membawa kartu pelajar dan kartu keluarga (kalau tidak salah). Karena suka menabung dan ingin memiliki rekening tabungan, saya pergi ke satu-satunya Bank yang ada di desa saya. Meski terbilang sangat muda, pihak BRI melayani saya dengan baik. Disapa dengan ramah dan dipandu hingga akhirnya saya memiliki rekening pertama saya.


Digitalisasi BRI untuk Masyarakat yang Semakin Memudahkan Rakyat

Tahun berlalu, kini BRI sudah mengarungi 128 tahunnya dalam melayani masyarakat sebagai Pahlawan UMKM untuk terus tumbuh dan menjadi hebat dan kuat. Tidak itu saja, dalam rangka mengikuti perkembangan zaman yang serba digital, BRI pun telah berinovasi dengan menghadirkan produk-produk digital seperti BRImo, Mocash, Brizzi, BRIAPI, BRIMOLA dan banyak lagi.


BRImo

 


Nasabah lama BRI pasti ingat, bagaimana dulu kita mengecek transferan masuk ke rekening? Yup, kita harus bersiap pagi-pagi agar mendapatkan nomor urut kecil di Bank BRI hanya untuk mengecek apakah rekening kita sudah terisi angka-angka baru. Kini dengan layanan dan digitalisasi BRI, kita tidak perlu lagi repot antri di teller. Dengan gawai dalam genggaman, kita bisa mengecek dana masuk kapan saja dengan BRImo.

Cara mendaftar BRImo pun cukup mudah. Nasabah pemilik rekening BRI hanya perlu mengunduh aplikasi BRImo di gawai masing-masing kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

  • ·       Setelah mengunduh aplikasi BRImo, klik pilihan ‘Belum Punya Akun’ dan pilih ‘Daftar BRImo
  • ·       Lakukan pendaftaran BRImo dengan mengisi data diri untuk proses verifikasi.
  • ·       Setelah melakukan perekaman wajah dan memasukkan kode OTP
  • ·       Buat Username dan password untuk login
  • ·       Setelah sukses, kalian sudah bisa bertransaksi menggunakan BRImo

Keunggulan yang akan didapat setelah menggunakan BRImo adalah:

  • ·       Cek saldo Rekening
  • ·       Transfer
  • ·       Pembelian dan bayar tagihan
  • ·       Bayar dengan fitur QRIS

Dengan layanan digital ini, BRI seolah mengajak para orang tua yang dulu gagap teknologi menjadi tidak ketinggalan jaman.


Mocash


Mocash atau Mobile Cash hadir sebagai produk digital BRI yang memberi pelayanan untuk para pelaku usaha nasabah BRI. Ini merupakan fitur untuk pembayaran belanja dengan mengisikan store id milik merchant, nominal jumlah pembayaran, dan order ID menggunakan sumberdaya uang elektronik. Dengan kata lain, Mocash dapat memudahkan pelaku usaha dalam menghadapi konsumen yang cashless.


Brizzi


Brizzi adalah uang elektronik pengganti uang tunai yang diterbitkan oleh BRI yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang bisa dipakai untuk berbelanja atau transaksi lainnya yang dilakukan penyedia barang atau jasa. Jika kalian pengguna moda transportasi, Brizzi dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Pengisian Brizzi bisa dilakukan di atm BRI, BRImo juga di minimarket terdekat.

  

BRIAPI


BRIAPI adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi atau Application Programming Interface (API) yang dikembangkan BRI untuk memungkinkan integrasi antara aplikasi pihak ketiga dengan layanan BRI.

Produk ini diciptakan untuk mempermudah berbagai kebutuhan transaksi perbankan yang dibutuhkan perusahaan serta institusi di era digital.

 

BRIMOLA

Brimola merupakan aplikasi mobile yang dibuat bank BRI dengan bekerjasama dengan PT Pertamina dan Hiswana Migas. Aplikasi ini berguna untuk mempermudah transaksi jual beli sekaligus untuk mempermudah monitoring penyaluran LPG oleh agen, pangkalan dan Pertamina.


Jadi bangga kan menjadi bagian dari BRI?

 

Komentar