Pangeran Cilik - Le Petit Prince

 Pangeran Cilik

*review ini sudah pernah diposting di hive.blog


Tittle: Le Petit Prince

Author: Antoine De Saint-Exupery

Publish Year: 2011


Pangeran cilik adalah terjemahan dari bahasa perancis yakni Le Petit Prince. Buku ini menceritakan tentang pertemuan seorang pria dewasa yang berprofesi sebagai pilot. Sebenarnya dia memiliki passion dalam menggambar sejak kecil, akan tetapi orang-orang dewasa tidak pernah memahami makna dari karya-karyanya. Dia kemudian dipaksa untuk menjadi seorang pilot.

Suatu ketika, dia melakukan pendaratan darurat di sebuah gurun pasir. Di sana dia bertemu dengan teman cilik yang misterius. Teman cilik itu kemudian dia namakan sebagai Pangeran Cilik. Setiap hari mereka bertukar cerita sehingga lamban laun diketahui bahwa Pangeran Cilik berasal dari Planet lain dan dapat menjelajah ke planet-planet lainnya.

Hal yang menakjubkan terjadi ketika Pangera Cilik menjelajahi beberapa planet di mana di setiap planetnya dia bertemu dengan satu penghuni yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Akan tetapi, setiap penghuni planet yang dia datangi mewakili setiap karakter manusia dewasa di bumi.


Kesimpulan

Jika dilihat dari cover buku ini, Pangeran Cilik seperti bacaan buat anak-anak, akan tetapi setelah aku membacanya, buku ini justru diperuntukkan orang dewasa sebagai bahan perenungan. Buku ini berisi fakta-fakta yang terjadi pada orang dewasa, yang jika kita kaji sebenarnya jika direnungkan kembali orang dewasa tampak berlebihan dan terlalu serius dalam menghadapi satu masalah.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang cukup ringan sehingga dapat dibaca dan dipahami oleh semua orang termasuk anak-anak. Gaya penulisan Antoine sangat sederhana dan membuat bukunya berbeda dari buku-buku dari penulis eropa lainnya. 

Aku menyukai setiap ilustrasi di buku ini. Iya, meski buku ini diperuntukkan untuk orang dewaa juga, namun tetap memiliki ilustrasi seperti buku bacaan anak-anak. Aku menikmatinya.


For Open Discussion

In my opinion, Pangeran Cilik adalah inner child dari seorag pilot tersebut. Mengapa aku berpikir seperti itu? Itu dikarenakan di awal cerita si pilot mengatakan bahwa tidak ada satupun orang dewasa yang mengerti wujud dari karyanya. Dia kemudian tanpa sadar dipaksa untuk menjadi seorang yang lebih realistis sejak dini sehingga ketika dia dewasa, dia tanpa sadar menciptakan dirinya di masa kecil yang juga kesulitan memahami pemikiran orang dewasa. Dia menciptakan alteregonya dan memuaskan inner child nya yang menginginkan dipahami oleh orang dewasa.

Mengapa aku berpikir Pangeran Cilik adalah alterego si Pilot, itu dikarenakan pertemuan mereka terjadi di sebuah padang pasir. Sebagaimana kita ketahui bahwa ketika seseorang berada di gurun pasir, dia akan mengalami fatamorgana.


Menurutmu, siapakah Pangeran Cilik ini?

 


Komentar